LEMBAR
PERSETUJUAN PEMBIMBING
Laporan Prakerin oleh (Anak SMK Pariwisata)
Telah Diperiksa dan Disetujui;
Antiga,...,…,2015
Pembimbing I
( NI Wayan Puriani, S.Pd )
Nip.
Pembimbing II
( I MD GD Gopikana Prabaswara, S.Pd)
LEMBAR
PERNYATAAN
Dengan ini saya
menyatakan bahwa laporan prakerin yang saya susun sebagai syarat untuk
memperoleh nilai kelas XI dan sebagai persyaratan naik ke kelas XII yang
berjudul”LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI CANDI BEACH RESORT & SPA” Beserta isimya benar-benar karya saya
dengan etika yang berlaku dalam masyarakat keilmuan. Atas pernyataan ini, saya
siap menanggung resiko/sanksi yang dijatuhkan kepada saya apabila kemudian
adanya pelanggara atas etika keilmuan dalam karya saya ini, atau ada klaim
terhadap karya saya ini.
Antiga,….,Maret,2015
Yang membuat pernyataan
Anak SMK Pariwisata
MOTTO
DAN PERSEMBAHAN
l MOTTO
-
Teguh pendirian dan berpegang pada
prinsip diri merupakan kunci menuju kesuksesan.
-
Di dunia penuh persaingan, siapa yang
tidak bersiap-siap dia akan kalah.
-
Selama kita masih punya tekad yang
terpelihara dalam semangat, maka tiada kata terlambat untuk memulai sebuah awal
yang baru!
-
Hari ini bukanlah hari untuk menyerah,
tapi hari ini adalah hari untuk tetap semangat untuk mencapai semua cita-cita.
-
Kegagalan hanya terjadi bila kita
menyerah.
-
Impian tidak akan terwujud dengan sendirinya,
tanpa dibangun dan berupaya untuk mewujudkannya
l PERSEMBAHAN
Penulis
persembahkan karya kecil ini untuk cahaya yang senantiasa ada saat suka maupun
duka, selalu setia mendampingi, saat lemah tak berdaya
(Ayah
dan Ibu tercinta) yang selalu memanjatkan doa untuk penulis dalam setiap
rintangan yang ada. Terima kasih untuk semuanya.
Untuk
ribuan tujuan yang harus dicapai untuk jutaan impian yang akan dikejar untuk
sebuah harapan.
Agar
hidup jauh lebih bermakna, karena hidup tanpa mimpi ibarat arus sungai mengalir
tanpa tujuan.
Juga
tidak lupa penulis ucapkan banyak terima kasih kepada
-
Bapak I Nyoman Wage selaku kepala SMK N 1 Manggis
-
Ibu Ni Wayan Puriani dan Bapak I MD GD Gopikana selaku pembimbing yang telah
memberikan banyak motivasi kepada penulis.
-
General Manager beserta para staf Candi
Beach Resort And Spa.
Teruslah
belajar, berusaha, dan berdoa untuk menggapai mimpi dan cita-cita.
Jatuh
berdiri lagi, kalah mencoba lagi, gagal bangkit lagi dan teruslah berusaha.
Karena
jalan di depan masih panjang, maih jauh perjalanan untuk menggapai masa depan
yang cerah.
KATA PENGANTAR
Om, swastyastu.
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat
tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan karunianya, sehingga
penulis dapat menyelesaikan laporan praktik kerja industry (Prakrin) dengan
tepat waktu.
Laporan praktik kerja industry di susun sebagai salah satu syarat agar
dapat naik ke tingkat yang lebih tinggi yaitu kelas XII, laporan ini juga
disusun sebagai tanda bukti bahwa penulis telah melaksanakan praktik kerja
industry (Prakrin) di Candi Beach Resort and Spa.
Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada
1.
Bapak I Nyoman Wage selaku kepala
sekolah SMK N 1 Manggis yang telah banyak memberikan dukungan penuh terhadap
kegiatan ini sehingga berjalan dengan lancar.
2.
Ibu Ni Wayan Puriani dan Bapak I MD GD
Gopikana Prabaswara selaku pembimbing dari sekolah yang telah banyak meluangkan
waktu, tenaga, dan pikiran serta penuh kesabaran dalam memberikan bimbingan
kepada penulis sehingga laporan ini dapat diselesaikan.
3.
Bapak I Wayan Yasa Selaku ketua panitia
prakrin yang telah banyak berjasa dalam kegiatan ini. Sehingga kegiatan ini
dapat berjalan dengan lancar dan penulis dapat menyelesaikan laporan dengan
tepat waktu.
4.
Bapak I Putu Wirya Negara Selaku General
manager di Candi Beach Resort and Spa yang telah memberikan kesempatan kepada
penulis untuk mengikuti kegiatan prakrin di hotel ini.
5.
Bapak I Komang Winartha Selaku Excekutif
house keeping dan Bapak I Nyoman Suarnata selaku supervisor house keeping serta
para staffnya yang telah membimbing dan mengajari penulis tentang bagaimana caranya
bekerja di hotel khususnya di department house keeping.
6.
Bapak/ Ibu guru dan staff pegawai yang
telah membantu dan memberikan masukan dan bantuan sehingga penulis dapat
menyelesaikan laporan ini.
7.
Teman-teman siswa siswi SMK N 1 Manggis
yang telah memberikan motivasi sehingga laporan ini dapat di selesaikan tepat
pada waktunya.
8.
Semua pihak yang penulis tidak sebutkan
satu persatu yang telah mambantu dalam penyusunan laporan ini.
Penulis menyadari masih banyak kekurangan
dalam penyelesaian laporan ini untuk saran dan kritik yang kontrusif sangat
penulis harapkan untuk sempurnanya laporan ini.
Akhir kata penulis ucapkan semoga saja
laporan ini bermanfaat dan dapat digunakan sebagaimana mestinya, Serta penulis
tidak lupa mengucapkan terima kasih.
“Om Santih, Santih, Santih Om”
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING............................................ i
LEMBAR PENGESAHAN........................................................................ ii
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING............................................ i
LEMBAR PENGESAHAN........................................................................ ii
LEMBAR
PERNYATAAN..................................................................... ......... iii
MOTTO DAN PERSEMBAHAN........................................................... ......... iii
KATA PENGANTAR.............................................................................. ......... iv
DAFTAR ISI............................................................................................ ......... vi
DAFTAR GAMBAR................................................................................ ......... viii
MOTTO DAN PERSEMBAHAN........................................................... ......... iii
KATA PENGANTAR.............................................................................. ......... iv
DAFTAR ISI............................................................................................ ......... vi
DAFTAR GAMBAR................................................................................ ......... viii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Pelaksanaan Kerja
Industri................................ 1
1.2
Tujuan Dilaksanakan Prakrin Kerja
Industri .............................. 3
1.3
Manfaat Dilaksanakan Prakrin Kerja
Industri ............................ 3
BAB
II KEGIATAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
A.
Kegiatan Umum
1.
Sejarah Berdirinya Perusahaan Tempat
Prakrin Kerja Industri. 5
2.
Struktur Organisasi Perusahaan................................................ 7
3.
Hubungan Kerja Antar Perusahaan Dengan
Perusahaan Lain.. 7
4.
Manajemen Pelaksanaan Kerja Perusahaan............................... 7
4.1 Pengadaan
Alat Dan Bahan ............................................... 7
4.2 Penyimpanan
Alat Dan Bahan............................................ 8
4.3 Pengadaan
Pekerja Dan Peningkatan SDM Karyawan...... 8
4.4 Sistem
Penggajian Karyawan.............................................. 9
B.
Kegiatan Khusus
Kegiatan
Yang Dilakukan Di Tempat Praktik Kerja Industri.......... 9
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
................................................................................ 25
1.
Saran untuk sekolah............................................................. 25
2.
Saran untuk perusahaan........................................................ 25
Lampiran Gambar........................................................................................ 26
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR
GAMBAR
1.1. Lobby
1.2.
Restaurant
1.3.
Deluxe cottage
1.4. Deluxe Room
1.5.
Superior Cottage
1.6. Superior Room
1.7.
Infinity Pool
1.8.Main
Pool
1.9.Spa
2.1.
Kamar villa
2.2.Pool
villa
2.3.Bath
room
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Pelaksanaan Praktik Kerja Industri
Di
zaman globalisasi seperti skarang ini dunia pariwisata sangat berkembang pesat
di dunia diantaranya indonesia. pariwisata merupakan salah satu penghasilan
pajak terbesar di indonesia. Indonesia memiliki banyak tempat-tempat tujuan
wisata yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Salah satunya
pariwisata di Pulau Bali. Bali mendapat julukan sebagai surga dunia bagi para
wisatawan asing maupun lokal. Julukan itu di sebabkan karena bali memiliki banyak
pesona alam selain pesona alamnya bali juga terkenal akan tradisi budaya,
adat-istiadat, dan kesenian yang dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk
mengunjunginya. Untuk memenuhi kebutuhan wisatawan berkunjung ke daerah tujuan
wisata di butuhkan sarana akomodasi berupa hotel, restaurant, maupun sarana
penginapan lainnya yang sesuai kualifikasi berstandar internasional. Itulah
sebabnya saat ini ada banyak hotel dan tempat penginapan lainnya yang sejenis
didirikan di bali.
Hotel
merupakan salah satu kebutuhan penting yang menyediakan berbagai fasilitas-fasilitas
dengan pelayanan dan mutu yang sesuai
kebutuhan para wisatawan yang menginginkan akomodasi penginapan selama berlibur
atau berbisnis ke bali. Di dalam sebuah hotel terdapat beberapa departement
seperti departement Front Office
(FO), departement house keeping (HK),
department F & B product, dan
department F & B service.
Masing-masing department tersebut memiliki tugas dan fungsi yang berbeda
diantaranya: Departement front office
yang mempunyai tugas dan fungsi untuk menerima pemesanan kamar oleh tamu,
memberikan informasi mengenai produk, fasilitas, pelayanan dan aktivitas yang
ada di hotel maupun di luar hotel, melaporkan status kamar terkini. Department
house keeping mempunyai tugas dan fungsi untuk menjaga kebersihan kamar hotel
dan public area yang ada di hotel, department house keeping ini merupakan
department yang utama dalam memberikan kepuasan pada tamu yang menginap, karena
kepuasan tamu berawal dari kebersihan kamar hotel apabila kamar yang di
tempatinya terlihat bersih dan nyaman tamu akan merasa betah dan puas untuk
menginap di hotel. selain menjaga kebersihan kamar hotel dan public area
department house keeping juga
bertugas untuk menata dan menyediakan perlengkapan untuk tamu yang menginap sesuai
dengan standar hotel sehingga diantara semua department, department house
keeping yang paling banyak memiliki karyawan karena house keeping memiliki tanggung jawab area yang paling besar.
Departement F & B product
memiliki tugas dan fungsi untuk menyediaka, mengurus dan bertanggung jawab
terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lain yang
terkait dari para tamu yang tinggal di hotel. Departement F & B service memiliki tugas dan fungsi
melayani pemesanan makanan dan minuman oleh tamu dan langsung mengantarkannya
kepada tamu.
Dalam
mengerjakan fungsi dan tugas tersebut tidak boleh dilakukan secara cuma-cuma
namun di perlukan pemahaman dan ketelitian dalam bekerja agar dapat melayani
tamu secara professional dan handal serta dapat memberikan rasa nyaman dan
kepuasan kepada tamu terhadap pelayanan yang di berikan sehingga tamu dapat
merasa puas dan tidak merasa bosanuntuk menginap. Untuk itu di perlukan tenaga
kerja yang professional yang sudah handal pada masing-masing bidang. Untuk
memprofesionalkan seorang tenaga kerja di perlukan pendidikan khusus dan
pelatihan khusus. Saat ini pemerintah banyak mendirikan sekolah kejuruan dalam
bidang pariwisata seperti SMK. Sekolah menengah kejuruan inilah tempat pertama
kali seseorang mendapat pembelajaran dan praktek khusus di bidang pariwisata.
Selain mendapat pembelajaran dan praktek di sekolah siswa juga di tuntut untuk
terjun langsung praktek kerja pada dunia industry. Praktek kerja industry ini
di lakukan untuk memadukan secara sistematik dan sinkron program pendidikan di
sekolah dan program penguasaan keahlian yang di peroleh melalui kegiatan
praktek langsung di dunia usaha atau dunia industry selain itu melalui kegiatan
praktek kerja industry ini siswa mendapat pengetahuan, serta wawasan dan
menjadi lebih terampil di bidang pariwisata. Sehingga nantinya mampu bersaing
dan mampu menjadi calon tenaga kerja siap latih, handal dan professional.
B.
Tujuan
Dilaksanakan Praktik Kerja Industri
·
Tujuan
khusus:
-
Untuk mengetahui cara dan
langkah-langkah making bed di hotel.
-
Untuk mengetahui teknik membersihkan perlengkapan
kamar tamu.
-
Untuk mengetahui prosedur membersihkan
kamar tamu.
-
Untuk mengetahui cara dan
langkah-langkah open bed/ turn down bed di
hotel.
-
Untuk mengetahui alat dan bahan yang di
gunakan untuk membersihkan kamar maupun public area di hotel.
-
Untuk mengetahui cara membuat makanan.
·
Tujuan
umum:
-
Untuk menarik pelajaran dan penghayatan
serta pengalaman belajar selama latihan praktek kerja indutri.
-
Untuk menguasai dan mampu menerapkan
berbagai keterampilan praktek.
-
Menambah pengetahuan dan menambah wawasan.
-
Untuk mengenal secara cermat lingkungan
fisik administratif dan etos kerja serta hubungan social pada dunia industry.
-
Untuk memperoleh pengetahuan praktis dan
professional.
C. Manfaaat Dilaksanakannya praktek
kerja industry
·
Manfaat
Khusus:
-
Penulis dapat mengetahui cara dan
langkah-langkah making bed di hotel.
-
Penulis
dapat mengetahui teknik membersihkan perlengkapan kamar tamu.
-
Penulis dapat mengetahui prosedur
membersihkan kamar tamu.
-
Penulis dapat mengetahui cara dan
langkah-langkah open bed/ turn down bed
di hotel.
-
Penulis dapat mengetahui alat dan bahan
pembersih yang digunakan dalam membersihkan kamar maupun public area yang ada
di hotel.
-
Penulis dapat mengetahui cara membuat
makanan
·
Manfaat
umum:
-
Dapat menarik pelajaran dan penghayatan
serta pengalaman belajar selama latihan praktek kerja industry.
-
Dapat menguasai dan mampu menerapkan
berbagai keterampilan praktek.
-
Dapat menambah pengetahuan dan menambah
wawasan.
-
Dapat mengenal secara fisik,
administratif dan etos kerja serta hubungan social pada dunia industry.
-
Dapat memperoleh pengetahuan praktis dan
kemampuan professional.
BAB II
KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
A.
KEGIATAN
UMUM
1.
Sejarah
berdirinya Candi Beach Resort & Spa
Sebelum
berdirinya hotel candi beach cottage pada tahun 1987 terjadi pembebasan tanah
seluas 90 are. Pada tahun 1988 pembuatan proyek dengan fasilitas-fasilitas umum
yang dimiliki antara lain 32 cottage,
2 restaurant, 2 bar ( bougainviliea bar
& pool bar), 2 kolam renang termasuk spa.
Dua
tahun 1989 barulah candi beach cottage soft opening. Dengan adanya peningkatan
kunjungan wisatawan kedaerah karangasem khususnya candidasa, maka hotel candi
beach cottage menambah jumlah kamar dengan membangun building barat dan timur
sebanyak 32 kamar pada tahun 1990. Tanggal 31 maret 1991 grand opening dibuka
oleh bapak bupati tingkat dua karangasem dengan jumlah kamar keseluruhan 64
kamar.Tanggal 2 desember 1998 memperoleh bintang tiga. Tanggal 22 februari 2000
memperoleh bintang empat yang diresmikan oleh menteri pariwisata seni dan
budaya provinsi bali dan pada 1 agustus 2001 menambah areal jogging trek dan satu kolam renang bersama fasilitas SPA
lainnya.
Pada
tahun 2014 candi beach cottage mengubah
nama menjadi Candi Beach Resort & Spa dan membangun villa sebanyak 20 yng
masih tahap pembangunan. Hotel candi beach resort & spa memiliki 2 cabang
a.
Legian beach hotel
b.
Maya ubud resort & spa
1.1 Identitas
perusahaan
Candi
beach resort & spa
Jl.
Pantai Mendira, Sengkidu, Karangasem-Bali –Indonesia
Phone : +62 363 41234
Fax : +62 363 41111
Email : info@candibeachbali.com
Website :www.candibeachbali.com
Bidang
usaha: hotel
1.2 Visi
& misi perusahaan
Adapun
visi dari perusahaan adalah sebagai berikut ;
“Service
Training Teamwork”
Service : memberikan pelayanan kepada
semua orang yang ada di hotel
Training : memberikan pelatihan kepada trainee
Teamwork : adanya kerja sama para staff dalam bekerja
Adapun misi dari perusahaan
adalah :
Untuk menjadi yang terdepan dalam
industri perhotelan di daerah ini dan mampu bersaing local maupun internasional
dan mampu memberikan pelayanan dengan standar tertinggi, sehingga tamu-tamu
yang menginap merasakan seperti tinggal di rumah mereka sendiri.
1.3 Bangunan fisik
·
32 cottage
·
2 building
(masing-masing berisikan 16 kamar)
·
2 restaurant
·
2 bar
(pool bar + main bar)
·
2 kolam renang
·
1 lobby
·
1 kantor housekeeping
·
2 kitchen
2.
Struktur
organisasi Candi Beach Resort & Spa
3.
Hubungan
kerja antara perusahaan dengan perusahaan lain.
Hubungan
kerja antar perusahaan memang diperlukan untuk meningkatkan mitra kerja sekaligus untuk meningkatkan
pendapatan perusahaan.
Sama juga seperti yang
dilakukan oleh manajemen hotel Candi Beach Resort & Spa. Pihak hotel
melakukan hubungan kerja dengan beberapa perusahaan lain seperti Legian beach
hotel dan Maya Ubud. Yang bergerak dalam bidang yang sama yaitu akomodasi
perhotelan. Selain itu di hotel Candi Beach Resort & Spa melakukan hubungan
kerja dengan jasa perlaundryan.
Kerjasama yang
dilakukan oleh hotel Candi Beach Resort & Spa berjalan dengan lancar dan
dapat meningkatkan pendapatan perusahaan sekaligus dapat meningkatkan mitra
kerja antar perusahaan.
4.
Manajemen
pelaksanaan kerja Candi Beach Resort & Spa
4.1
Pengadaan
alat dan bahan
Barang-barang yang di kirim ke hotel oleh supplier akan di tempatkan dan di simpan
di bagian receiving di general store. Semua barang-barang
keperluan hotel akan ditempatkan disana, kecuali barang-barang yang siap pakai
(fresh) setelah tiba di hotel akan
langsung di kirim ke bagian F&B Product.
Pengiriman barang dan alat oleh supplier kehotel akan didikirim tergantung pada
banyaknya barang dan alat yang masih tersedia di hotel dan jumlah tamu yang
menginap.
4.2
Penyimpanan
alat dan bahan.
Barang-barang yang
sudah tersimpan di General Store akan
diambiloleh setiap departement sesuai dengan keperluan dan kebutuhannya.
Pengambilan barang di General Store
baik oleh petugas restaurant, kitchen,
house keeping, front office dilakukan tidak menentu sesuai dengan keperluan
department masing-masing. Biasanya setelah barang yang diambil dari General Store tiba di setiap department.
Barang-barang tersebut akan di tempatkan di gudang penyimpanan barang dan
diletakkan dan disusun rapi sesuaidengan jenisnya. Setiap pengambilan barang di
General Store, barang-barang yang
diperlukan akan dicatat pada requisition
form dan harus disertakan tanda tangan manager ataupun supervisor.
4.3
Pengadaan
pekerja dan peningkatan SDM karyawan
Dalam suatu
hotel/perusahaan perlu dilakukan berbagai upaya untuk mendukung pengadaan
pekerja dan untuk meningkatkan SDM karyawan. Dimana hal tersebut sangat
mempengaruhi pendapatan dan perkembangan suatu hotel/perusahaan.
Di hotel Candi Beach Resort & Spa
telah dilakukan beberapa upaya guna meningkatkan SDM karyawan, diantaranya
kursus dan praktek. Adapun kursus dan praktek yang telah dilakukan adalah
kursus dan praktek bahasa inggris, bahasa jepang, dan bahasa jerman. Pada
acara-acara tertentu, management hotel juga melakukan tirta yatra bersama.
Hal-hal ini dilakukan untuk mendukung peningkatan SDM karyawan dan pengadaan
pekerja yang professional.
4.4
Sistem
penggajian karyawan.
Disemua department yang
ada di hotel dilakukan system penggajian yang sama dan waktu yang sama. Untuk
pegawai staff dan daily worker (DW)
pendapatan gaji akan ditransfer ke ATM masing-masing. Dan Casual akan diberikan secara langsung oleh personalia. Casual disebut juga temporary. Casual merupkan
pegawai yang hanya dipekerjakan pada saat diperlukan oleh hotel. Sistem
penggajian karyawan biasanya dilakukan pada akhir bulan, pada tanggal 25 aatau
bisa beberapa hari setelah tanggal tersebut.
B.
Kegiatan
Khusus.
1.
kegiatan
khusus pada departement kitchen.
1.1
Membuat
Omlet
Alat yang digunakan:
-
Tefflon
-
Spatula
-
Bowl/
mangkok
-
Sendok garpu dan sendok biasa
Bahan yang digunakan:
-
Telor (2 butir)
-
Butter/ minyak
-
Hamb,
Cheese, onion, mashrumb,tomato,dan fafrika
Langkah-langkah membuat omlet
-
Panaskan butter/ minyak dalam tefflon.
-
Sambil menunggu butter/ minyak panas,
pecahkan 2 telor.
-
Kemudian tambahkan hamb, cheese,tomato, fafrika, mashrumb, dan onion, lalu kocok telur dengan menggunakan sendok garpu.
-
Jika butter/ Minyak sudah panas masukkan
teur yang sudah dikocok, kemudian tunggu sampai bawah telur sedikit matang.
-
Lalu lipat telur dengan menggunakan
spatula, kemudian balik tunggu sampai matang.
-
Jika sudah matang tempatkan diatas
piring.
1.2
Membuat
scramble
Alat yang digunakan:
-
Tefflon
-
Spatula
-
Sendok garpu
-
Bowl/
mangkok
Bahan yang digunakan
-
Telor
-
Susu cair
-
Minyak/butter
Langkah-langkah membuat
-
Panaskan minyak/butter dalam tefflon.
-
Pecahkan telur dan tambahkan susu cair
lalu dikocok
-
Masukkan telor kedalam minyak yg sudah
dipanaskan tadi kemudian telor di orak-arik menggunakan spatula.
-
Tunggu sampai matang lalu angkat dan tempatkan
pada piring.
1.3
Membuat
dinner roll
Alat yang digunakan:
-
Loyang
-
Open
-
Mixer
-
Bowl
-
Kuas untuk mengoles
Bahan yang digunakan:
-
Tepung cakra - butter
-
Yeast
(ragi) - salt(garam)
-
Susu dancow - gula
-
Wijen - air
Langkah-langkah membuat:
-
Kocok semua bahan kecuali wijen dengan
menggunakan mixer, setelah semua
bahan tercampur rata kemudian cetak.
-
Setelah dicetak pada Loyang yang sudah
di oles dengan butter.
-
Lalu direast
sampai mengembang, jika sudah mengembang di poles kuning telor kemudiandikasi
wijen diatasnya setelah itu kemudian di open dan tunggu sampai matang.
1.4
Membuat
kulit dadar.
Alat yang digunakan:
-
Bowl
-
Sendok
soup
-
Tefflon dan kuas untuk mengoles
Bahan yang digunakan
-
Tepung terigu
-
Telor
-
Air
-
Garam
-
Pewarna makanan dan butter
Langkah langkah
membuat
-
Campur dan kocok semua bahan sampai
rata.
-
Kemudian oles sedikit tefflon dengan
butter
-
Lalu masukkan adonan tadi kira-kira 1
sendok soup.
-
Kemudian tunggu sampai adonan bawah
matang lalu balik.
-
Setelah itu diangkat dan ditaruh diatas
piring
1.5
Membuat
dadar gulung.
Alat yang digunakan:
-
Sendok
-
Piring
-
Tefflon dan spatula
Bahan yang digunakan:
-
Kulit dadar
-
Kelapa parut, gula bali, dan garam
Langkah-langkah membuat
-
Campur kelapa parut dengan gula bali dan
tambah dengan sedikit garam.
-
Setelah tercampur rata kemudian
dipanaskan dengan menggunakan tefflon sambil di aduk.
-
Jika sudah matang angkatdan tempatkan
pada piring
-
Kemudian ambil kulit dadar lalu isi
dengan kelapa parut tadi setelah itu gulung.
1.6
Membuat
tomato grilled
Alat
yang digunakan:
-
Pisau
-
Talenan dan piring
Bahan
yang digunakan:
-
Tomato
-
Garam dan merica
Langkah-
langkah membuat:
-
Potong tomat menjadi dua.
-
Kemudian tempatkan di atas piring
kemudian beri bumbu garam dan merica di atasnya
-
setelah itu di grill dan tunggu sampai matang.
1.7
Membuat
fruit basket
Alat yang digunakan:
-
Tempat fruit basket yang berbentuk jukung
Bahan yang digunakan:
-
Buah lokal.
-
untuk villa buah yang digunakan: buah
naga,pisang, terong belanda,belimbing, salak, dan markisa.
-
untuk cottage dan building buah yang
digunakan: buah pisang, naga, jeruk, apel dan markisa.
Langkah-langkah membuat
-
Tata semua buah tersebut di atas jukung
-
Jika sudah tertata rapi beri bunga
kamboja di atasnya
1.8
Membuat
jus
Alat yang digunakan:
-
Sendok garpu
-
Blender
-
Gelas
Bahan yang digunakan:
-
Buah semangka yang sudah dipotong-potong
Langkah –langkah
membuat:
-
Tempatkan gelas di bawah pancuran
blender.
-
Kemudian masukkan buah semangka satu per
satu sampai gelas terisi penuh.
1.9
Menyiapkan
roti untuk breakfast
Alat yang digunakan:
-
Keranjang tempat roti.
Bahan yang digunakan:
-
Beberapa roti seperti: donat, crosant, coklat crosant, fruit dennis.
Langkah langkah:
-
Tata semua roti tersebut pada keranjang
roti sesuai dengan nama roti.
1.10
Clear up
Langkah-langkah clear up:
- Ambil
semua makanan sisa breakfast maupun dinner.
- Untuk
makanan yang masih bisa digunakan rapikan kembali dan tempatkan pada tempat
yang telah ditentukan. Namun jika makanan itu sudah tidak bisa digunakan bawa
ke steward.
- Bersihkan
dan rapikan kembali tempat-tempat yang digunakan untuk menaruh mkanan tadi.
1.11
Menyiapkan
buah untuk dinner
Alat yang digunakan:
- Pisau
- Talenan
- Piring
dan cover
Bahan
yang digunakan:
- Buah-buahan
seperti: semangka, melon, nanas
Langkah
–langkah:
- Kupas
terlebih dahulu buah-buah tersebut.
- Kemudian
dipotong-potong sesuai dengan standart di sedikit di ringgit.
- Setelah
itu tempatkan buah-buah tersebut di atas piring kemudian di cover dan di taruh ditempat pendingin.
1.12
Membuat
spring roll
Bahan yang digunakan:
- Sayur-sayuran
yang sudah dipotong-potong seperti: wortel, kol, seledri
- Mihun.
- Kulit
spring roll
- Air
Langkah- langkah membuat:
- Ambil
kulit spring roll kemudian celupkan
kedalam air.
- Setelah
itu angkat kemudian isi kulit tersebut dengan sayur-sayuran, dan mihun.
- Setelah
itu gulung dan tempatkan pada piring
1.13
Membuat
es buah
Alat yang digunakan:
- Pisau
- Talenan
- Gelas
Bahan
yang digunakan:
- Buah-buahan
seperti: semangka, melon, mangga, nangka.
- Es
- Gula
cair
Langkah-langkah
membuat:
- Potong
semua buah dengan berbentuk dadu/ kotak.
- Setelah
itu masukkan buah tersebut kedalam gelas.
- Kemudian
masukkan es dan gula cair lalu di aduk.
1.14
Membuat
es campur
Alat yang digunakan:
- Gelas
Bahan
yang digunkan:
- Kolang-kaling
- Bijik
- Bulung.
- Santan
- Gula
cair
- es
Langkah-langkah
membuat:
- Masukkan
kolang-kaling, bijik, dan bulung kedalam buah
- Kemudian
beri es, santan dan gula cair
1.15
Membuat
pisang rai.
Alat
yang digunakan:
- Mangkok.
- Sendok.
- Panci.
- penyaringan
Bahan yang digunakan:
- Tepung
terigu
- Pisang
- Air
- Gula
pasir dan garam
Langkah-langkah membuat
- Campur
tepung terigu, dengan gula dan garam tambah sedikit air sampai adonan kental.
- Panaskan
air dalam panci.
- Potong
pisang kemudian masukkan kedalam adonan.
- Jika
air sudah mendidih masukkan pisang satu per satu, lalu tunggu sampai pisang
mengambang kemudian sedikit di aduk
- Setelah
itu angkat pisang dantiriskan di atas penyaringan.
1.16
Membuat
candi night
Alat yang digunakan:
- Piring
- Mangkok
kecil yang berbentuk bulat.
Bahan
yang digunakan:
- Telur
rebus - ayam goreng
- Bergedel - nasi kuning
- Udang goreng - krupuk
- Saur
kacang -
- uraban
Langkah-langkah membuat:
- cetak
nasi kuning dengan menggunakan mangkok.
- Tempatkan
nasi tersebut pada piring,
- kemudian
masukkan telur rebus, bergedel, udang goring, saur kacang, uraban, ayam goring,
krupuk dengan bentuk melingkari nasi
- terakhir
taburkan bawang goring di atas nasi.
1.17
Membuat
cumi bakar
Alat yang digunakan:
- Piring
- Pisau
- Mangkok
Bahan
yang di guanakan:
- Cumi
- Nasi
- Vegetable
- Garam
- Paper
Langkah-langkah
:
- Cuci
cumi-cumi terlebih dahulu.
- Kemudian
isi cumi-cumi dengan vegetable, garam
dan paper
- Setelah
itu panggang cumi-cumi sampai matang
- Cetak
nasi dengan menggunakan mangkok.
- Kemudian
angkat cumi-cumi dan potong menjadi dua.
- Setelah
itu tempatkan pada piring, dan masukkan vegetable.
1.18
Melayani
tamu dinner
Langkah-langkah
melayani tamu dinner
- Ucapkan
salam kepada tamu
- Tawarkan
beberapa makanan pada tamu sambil member tahu nama makanan tersebut
- Jika
tamu menginginkan makanan tersebut ambilkan dan berikan pada tamu.
1.19
Membuat
sate udang
Alat yang digunakan:
- Grill
- Tusuk
sate
- Bumbu
yang sudah di siapkan
Bahan yang digunakan:
- udang
langkah-langkah:
- bersihkan
udang dengan mengupas kulitnya.
- Setelah
itu cuci udang tersebut, lalu di tusuk-tusuk
- Kemudian
di panggang dan tunggu sampai matang
- Setelah
itu tempatkan pada piring dan beri bumbu di atasnya
1.20
Membersihkan
peralatan kitchen
Alat yang digunakan:
- Scote brite
Bahan yang digunakan:
- Sunlight
Langkah-
langkah membersihkan:
- Kumpulkan
semua peralatan yang habis digunakan untuk memasak
- Setelah
itu cuci dan bilas.
- Kemudian
tempatkan kembali dengan rapi ke tempat yang sudah ditentukan
2.
Department
House keeping.
2.1
Membersihkan
Corridor dan balcony
Alat yang digunakan:
-
Dry
cloth.
-
Broom
(sapu).
-
Dust
fan
(serok).
-
Mop
(wet mop)
Bahan yang digunakan:
-
Furniture
polish/ quick fill
-
Marble
safe cleaner.
Langkah-langkah
membersihkan:
a. Sweeping
(menyapu)
-
Sapu semua area corridor dan balcony.
b. Dusting.
-
Setelah menyapu lap seluruh kayu yang
menempel di tembok samping corridor besrta tangga dan meja kursi yang ada di balcony maupun yang ada di corridor.
c. Mopping.
-
Kemudian setelah menyapu mop seluruh
permukaan lantai dan tangga yang ada di corridor
serta seluruh balcony.
2.2
Membersihkan
kamar tamu
Alat
yang digunakan:
-
Broom
-
Dry
cloth
-
Glass
wiper
-
Sponge
-
Toilet
bowl brush
-
Dust
pan
-
Dry
mop dan wet mop
-
Linen
Jenis-jenis linen yang
digunakan:
-
Sheet (single/ double)
-
Pillow
cases
-
Face
towel
-
Hand
towel
-
Bath
towel dan bath mat
Bahan yang digunakan
-
MPC
(Multi Purpose Cleaner), Lemon eze, Glass cleaner, furniture polish, marble
safe cleaner, air freshner
-
Guest
supplies
-
Coffee
4, sugar 4, tea 2, dan creamer 2
-
_Water
2
-
_
laundry bag, slipper, umbrella, memo pad, pen
-
_soap 2, shampoo 1, conditioner
1,shower gel 1, shower cap 2, cotton bat 1,emery board 2, sanitary bag 2.
Langkah-langkah
membersihkan
-
Bawa semua alat dan bahan pembersih
serta linen yang sesuai dengan kamar yang akan dibersihkan.
-
Ketuk pintu 3x ucapkan salam dan
identitas diri, bila tidak ada jawaban buka kunci pintu dengan key card dan buka pintu secara
pelan-pelan untuk memastikan apa memang tidak ada tamu, namun bila ada jawaban
katakan maksud dengan sopan.
-
Hidupkan semua lampu dan buka tirai
jendela.
-
Mulailah dengan membersihkan kamar
mandi, mulai dari toilet bowl, bath tub, dan washbasin.
-
Jika permukaan toilet bowl berkerak gosok dengan lemon eze menggunakan linen kotor, jika tidak cukup gunakan marble safe cleaner.
-
Kemudian cuci gelas-gelas kotor, cup, asbak, pada washbasin dengan menggunakan bahan pembersih multi purpose cleaner.
-
Kumpulkan semua linen kotor yang ada di
kamar mandi, dilipat dan dibawa ke trolley
cart, sambil mengambil linen yang bersih yang diperlukan untuk di kamar
mandi serta melengkapi guest suppliesnya guest supplies yang digunakan dikamar
mandi seperti shower cap, emery board,
sanitary bag, cotton bat, soap, conditioner, shower gel shampoo. linen yang
diperlukan di kamar mandi face towel,
hand towel, bath towel, dan bath mat dengan di set up masing-masing towel berjumlah 2 kecuali bath mat hanya di set up 1.
-
Setelah selesai membersihkan dan
melengkapi di kamar mandi, lanjutkan dengan merapikan tempat tidur (making bed).
Langkah-langkah
making bed:
1. Lakukan
stripping bed(menarik sheet satu per
satu).
2. Angkat
semua sheet, jika kamar yang
dibersihkan kamar dengan status check
out, sheet yang diganti sheet pertama dan ke dua(middle sheet),
sedangkan top sheet dipakai lgi jika
tidak kotor, dan semua pillow cases
diganti, jika kamar yang dibersihkan dengan status occupaied, sheet yang
diganti hanya sheet pertama sedangkan
middle sheet dan top sheet masihdigunakan apbila tidak kotor (middle sheet menjadi sheet
pertama dan top sheet menjadi middle sheet), dan pillow cases hanya diganti 2 dari 4.
3. Bawa
sheet yang kotor ke trolley dan ambil sheet yang sesuai.
4. Setelah
itu lakukan teknik making bed yaitu menebar sheet satu per satu, apabila bed
yang di gunakan bed double sheet
pertama di tebar dengan sheet memanjang sedangkan middle dan top sheet
ditebar dengan sheet melebar, jika bed yang digunakan single semua sheet
dipasang memanjang.
-
Setelah making bed selesai, lanjut dengan dusting semua debu pada seluruh
bagian kamar, gunakan bahan pembersih furniture
polish, sambil mengecek guest
supplies, seperti memopad+pen,sandal,
payung, hanger, laundry bag, laundry list,
mineral water, minibar jika tamu
mengkomsumsi minuman yang ada di minibar, dan coffe and tea maker facility.
-
Setelah selesai mengecek kemudian
lengkapi guest suppliesnya, lalu menyapu lantai dan sambil mengangkat
sampah-sampah yang ada di kamar dan di kamar mandi di bawa ke garbage humper pada trolley cart.
-
Setelah menyapu lalu squish kaca-kaca yang ada di kamar tamu
dengan menggunakan glass wiper dan
bahan pembersih glass cleaner.
-
Kemudian mop lantai kamar mandi dengan wet mop yang telah diberibahan pembersih
air freshner, dan mop lantai kamar
tamu dengan dry mop.
-
Setelah selesai mopping terakhir periksa kembali untuk memastikan tidak ada yang
terlewatkan, kemudian jika sudah beres lampu-lampu dimatikan, AC dihidupkan
jika kamar tersebut dengan status EA (Expected
Arrival) dan occupaied. Tutup
kembali pintu kamar dan jendela dan jangan lupa membawa semua peralatan dan
bahan pembersih.
2.3
Membersihkan
Lobby, Kantin, office FO dan HK.
Alat
yang digunakan:
-
Sapu, dust pan, dry cloth, Wet mop, lobby duster.
Bahan yang digunakan:
-
Furniture
polish
-
Marble
safe cleaner.
Langkah-langkah
membersihkan
-
Menyapu di area yang telah ditentukan,
mulai dari sudut terjauh dan berakhir di pintu masuk/keluar, kemudian dusting
seluruh area yang terbuat dari kayu dengan menggunakan dry cloth yang disemproti dengan furniture polish lalu mop lantai dengan menggunakan wet mop yang sudah diberi marble safe cleaner.
-
Setelah di mop dengan menggunakan wet mop, kemudian mop kembali dengan
menggunakan lobby duster untuk
mengeringkan permukaan lantai.
2.4
Membersihkan restaurant
Alat
yang digunakan:
-
broom(sapu)
- dust pan
- stik mop
- wet mop
Bahan
yang digunakan:
3.
Marble
safe cleaner
4. Air.
Langkah-langkah membersihkan:
5. Sapu
seluruh area restaurant, tempat kasir,lantai, dan toilet restaurant, dari sudut
yang paling jauh dan mengikuti arah angin.
6. Setelah
menyapu mop semua area restaurant, tempat kasir, beserta toiletnya dengan mengunakan
wet mop. Mengepel dengan bentuk S,
supaya lebih mudah dan hasilnya maksimal.
2.5
Membersihkan
spa
Alat
yang digunakan:
-
Sapu
-
Lap
-
Wet
mop.
Bahan yang digunakan:
-
Furniture
polish.
-
Marble
safe cleaner
Langkah-langkah
membersihkan:
-
Sapu semua area spa, setelah selesai
menyapu lap semua peralatan spa yang terbuat dari kayu dengan menggunakan furniture polish.
-
Setelah selesai mengelap mop lantai spa dengan menggunakan mop
basah yang sudah diberi bahan pembersih marble
safe cleaner.
2.6 Membersihkan area kolam.
Langkah-langkah:
-
Sapu semua sampah yang ada area kolam.
2.7
Set up linen pada trolley.
Langkah-langkah
set up linen:
Tata
semua linen pada trolley sesuai
dengan jenis linennya.
2.8
Melayani
permintaan tamu towel
Langkah-langkah
:
-
Jika tamu meminta towel langsung ke petugas pool
counter maka minta tamu untuk menulis nama tamu, no kamar, jumlah towel, dan sign (tanda tangan).
3
Open bed/ turn down bed
Bahan
yang digunakan:
-
Plastic sampah
Langkah-
langkah open bed:
-
Ketuk pintu 3x, ucapkan salam dan
identitas diri jika tidak ada jawaban buka pintu secara pelan-pelan sambil
ucapkan kata permisi untuk memastikan tidak ada tamu, namun jika ada jawaban
katakana maksud kedatangan dengan sopan.
-
Buka sabuk matras kemudian dilipat
ujungnya, lalu dilipat kembali dengan membentuk panah.
-
Setelah itu apabila ada sampah buang ke
plastic sampah
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari data diatas dapat disimpulkan
bahwa dalam proses membersihkan kamar tamu diperlukan adanya ketelitian karena
kebersihan kamar hal pertama yang mempengaruhi kepuasan tamu dalam menginap.
Untuk itu kita harus mengetahui alat dan bahan yang digunakan selain itu kita
juga harus mengetahui langkah-langkah dalam membersihkannya untuk menghasilkan
hasil yang optimal serta dapat memberikan kepuasan kepada tamu.
.
B.
Saran-saran
1.
Saran
untuk sekolah.
a.
Dapat melahirkan calon tenaga kerja
yang professional dan handal serta mampu bersaing dalam dunia industry.
b.
Tetap mempertahankan kinerja
kerjasama dengan tempat-tempat industry
2.
Saran
untuk perusahaan
a.
Perlunya peningkatan Kerjasama yang
baik antara sesama karyawan hotel untuk tercapainya hasil kerja yang maksimal.
LAMPIRAN
GAMBAR
1.1.
LOBBY
1.7.
INFINITY POOL
1.8.
MAIN POOL
2.2.
OCEAN POOL VILLA
DAFTAR PUSTAKA
WWW.
Candi Beach Bali.com
Yuniantari,Ni
kadek.2012. Akomodasi perhotelan. XI.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar