Kamis, 25 Juni 2015

laporan trening Anak SMK perhotelan



LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
Laporan Prakerin oleh (Anak SMK Pariwisata)
Telah Diperiksa dan Disetujui;


    Antiga,...,…,2015
   Pembimbing I


( NI Wayan Puriani, S.Pd )
Nip.



Pembimbing II



( I MD GD Gopikana Prabaswara, S.Pd)




LEMBAR PERNYATAAN
Dengan ini saya menyatakan bahwa laporan prakerin yang saya susun sebagai syarat untuk memperoleh nilai kelas XI dan sebagai persyaratan naik ke kelas XII yang berjudul”LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI DI CANDI BEACH RESORT & SPA” Beserta isimya benar-benar karya saya dengan etika yang berlaku dalam masyarakat keilmuan. Atas pernyataan ini, saya siap menanggung resiko/sanksi yang dijatuhkan kepada saya apabila kemudian adanya pelanggara atas etika keilmuan dalam karya saya ini, atau ada klaim terhadap karya saya ini.



Antiga,….,Maret,2015
Yang membuat pernyataan


Anak SMK Pariwisata


         
        

                      


MOTTO DAN PERSEMBAHAN
l MOTTO
-          Teguh pendirian dan berpegang pada prinsip diri merupakan kunci menuju kesuksesan.
-          Di dunia penuh persaingan, siapa yang tidak bersiap-siap dia akan kalah.
-          Selama kita masih punya tekad yang terpelihara dalam semangat, maka tiada kata terlambat untuk memulai sebuah awal yang baru!
-          Hari ini bukanlah hari untuk menyerah, tapi hari ini adalah hari untuk tetap semangat untuk mencapai semua cita-cita.
-          Kegagalan hanya terjadi bila kita menyerah.
-           Impian tidak akan terwujud dengan sendirinya, tanpa dibangun dan berupaya untuk mewujudkannya
l PERSEMBAHAN
Penulis persembahkan karya kecil ini untuk cahaya yang senantiasa ada saat suka maupun duka, selalu setia mendampingi, saat lemah tak berdaya
(Ayah dan Ibu tercinta) yang selalu memanjatkan doa untuk penulis dalam setiap rintangan yang ada. Terima kasih untuk semuanya.
Untuk ribuan tujuan yang harus dicapai untuk jutaan impian yang akan dikejar untuk sebuah harapan.
Agar hidup jauh lebih bermakna, karena hidup tanpa mimpi ibarat arus sungai mengalir tanpa tujuan.
Juga tidak lupa penulis ucapkan banyak terima kasih kepada
-          Bapak I Nyoman Wage selaku kepala SMK N 1 Manggis
-          Ibu Ni Wayan Puriani dan Bapak I MD GD Gopikana selaku pembimbing yang telah memberikan banyak motivasi kepada penulis.
-          General Manager beserta para staf Candi Beach Resort And Spa.
Teruslah belajar, berusaha, dan berdoa untuk menggapai mimpi dan cita-cita.
Jatuh berdiri lagi, kalah mencoba lagi, gagal bangkit lagi dan teruslah berusaha.
Karena jalan di depan masih panjang, maih jauh perjalanan untuk menggapai masa depan yang cerah.
KATA PENGANTAR
Om, swastyastu.
      Puji syukur penulis panjatkan kehadirat tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan karunianya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan praktik kerja industry (Prakrin) dengan tepat waktu.
      Laporan praktik kerja industry di susun sebagai salah satu syarat agar dapat naik ke tingkat yang lebih tinggi yaitu kelas XII, laporan ini juga disusun sebagai tanda bukti bahwa penulis telah melaksanakan praktik kerja industry (Prakrin) di Candi Beach Resort and Spa.
     Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada
1.      Bapak I Nyoman Wage selaku kepala sekolah SMK N 1 Manggis yang telah banyak memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini sehingga berjalan dengan lancar.
2.      Ibu Ni Wayan Puriani dan Bapak I MD GD Gopikana Prabaswara selaku pembimbing dari sekolah yang telah banyak meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran serta penuh kesabaran dalam memberikan bimbingan kepada penulis sehingga laporan ini dapat diselesaikan.
3.      Bapak I Wayan Yasa Selaku ketua panitia prakrin yang telah banyak berjasa dalam kegiatan ini. Sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan penulis dapat menyelesaikan laporan dengan tepat waktu.
4.      Bapak I Putu Wirya Negara Selaku General manager di Candi Beach Resort and Spa yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk mengikuti kegiatan prakrin di hotel ini.
5.      Bapak I Komang Winartha Selaku Excekutif house keeping dan Bapak I Nyoman Suarnata selaku supervisor house keeping serta para staffnya yang telah membimbing dan mengajari penulis tentang bagaimana caranya bekerja di hotel khususnya di department house keeping.
6.      Bapak/ Ibu guru dan staff pegawai yang telah membantu dan memberikan masukan dan bantuan sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini.
7.      Teman-teman siswa siswi SMK N 1 Manggis yang telah memberikan motivasi sehingga laporan ini dapat di selesaikan tepat pada waktunya.
8.      Semua pihak yang penulis tidak sebutkan satu persatu yang telah mambantu dalam penyusunan laporan ini.
   Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyelesaian laporan ini untuk saran dan kritik yang kontrusif sangat penulis harapkan untuk sempurnanya laporan ini.
     Akhir kata penulis ucapkan semoga saja laporan ini bermanfaat dan dapat digunakan sebagaimana mestinya, Serta penulis tidak lupa mengucapkan terima kasih.
“Om Santih, Santih, Santih Om”




   
        







DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
............................................        i
LEMBAR PENGESAHAN........................................................................
       ii
LEMBAR PERNYATAAN..................................................................... ......... iii
MOTTO DAN PERSEMBAHAN...........................................................
......... iii
KATA PENGANTAR..............................................................................
......... iv
DAFTAR ISI............................................................................................
......... vi
DAFTAR GAMBAR................................................................................
......... viii 
BAB I PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang Pelaksanaan Kerja Industri................................          1
1.2    Tujuan Dilaksanakan Prakrin Kerja Industri ..............................          3
1.3    Manfaat Dilaksanakan Prakrin Kerja Industri ............................          3
BAB II KEGIATAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
A.      Kegiatan Umum
1.      Sejarah Berdirinya Perusahaan Tempat Prakrin Kerja Industri.          5
2.      Struktur Organisasi Perusahaan................................................          7
3.      Hubungan Kerja Antar Perusahaan Dengan Perusahaan Lain..          7
4.      Manajemen Pelaksanaan Kerja Perusahaan...............................          7
4.1  Pengadaan Alat Dan Bahan ...............................................          7
4.2  Penyimpanan Alat Dan Bahan............................................          8
4.3  Pengadaan Pekerja Dan Peningkatan SDM Karyawan......          8
4.4  Sistem Penggajian Karyawan..............................................          9
B.     Kegiatan Khusus
Kegiatan Yang Dilakukan Di Tempat Praktik Kerja Industri..........          9







BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan ................................................................................ 25
B.   Saran-saran ................................................................................ 25
1.      Saran untuk sekolah............................................................. 25
2.      Saran untuk perusahaan........................................................ 25

Lampiran Gambar........................................................................................ 26
DAFTAR PUSTAKA

















DAFTAR GAMBAR
            1.1. Lobby
1.2. Restaurant
1.3. Deluxe cottage
1.4.  Deluxe Room
1.5. Superior Cottage
1.6.  Superior Room
1.7. Infinity Pool
1.8.Main Pool
1.9.Spa
2.1. Kamar villa
2.2.Pool villa
2.3.Bath room


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Pelaksanaan Praktik Kerja Industri
Di zaman globalisasi seperti skarang ini dunia pariwisata sangat berkembang pesat di dunia diantaranya indonesia. pariwisata merupakan salah satu penghasilan pajak terbesar di indonesia. Indonesia memiliki banyak tempat-tempat tujuan wisata yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Salah satunya pariwisata di Pulau Bali. Bali mendapat julukan sebagai surga dunia bagi para wisatawan asing maupun lokal. Julukan itu di sebabkan karena bali memiliki banyak pesona alam selain pesona alamnya bali juga terkenal akan tradisi budaya, adat-istiadat, dan kesenian yang dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya. Untuk memenuhi kebutuhan wisatawan berkunjung ke daerah tujuan wisata di butuhkan sarana akomodasi berupa hotel, restaurant, maupun sarana penginapan lainnya yang sesuai kualifikasi berstandar internasional. Itulah sebabnya saat ini ada banyak hotel dan tempat penginapan lainnya yang sejenis didirikan di bali.     
Hotel merupakan salah satu kebutuhan penting yang menyediakan berbagai fasilitas-fasilitas  dengan pelayanan dan mutu yang sesuai kebutuhan para wisatawan yang menginginkan akomodasi penginapan selama berlibur atau berbisnis ke bali. Di dalam sebuah hotel terdapat beberapa departement seperti departement Front Office (FO), departement house keeping (HK), department F & B product, dan department F & B service. Masing-masing department tersebut memiliki tugas dan fungsi yang berbeda diantaranya: Departement front office yang mempunyai tugas dan fungsi untuk menerima pemesanan kamar oleh tamu, memberikan informasi mengenai produk, fasilitas, pelayanan dan aktivitas yang ada di hotel maupun di luar hotel, melaporkan status kamar terkini. Department house keeping mempunyai tugas dan fungsi untuk menjaga kebersihan kamar hotel dan public area yang ada di hotel, department house keeping ini merupakan department yang utama dalam memberikan kepuasan pada tamu yang menginap, karena kepuasan tamu berawal dari kebersihan kamar hotel apabila kamar yang di tempatinya terlihat bersih dan nyaman tamu akan merasa betah dan puas untuk menginap di hotel. selain menjaga kebersihan kamar hotel dan public area department house keeping juga bertugas untuk menata dan menyediakan perlengkapan untuk tamu yang menginap sesuai dengan standar hotel sehingga diantara semua department, department house keeping yang paling banyak memiliki karyawan karena house keeping memiliki tanggung jawab area yang paling besar. Departement F & B product memiliki tugas dan fungsi untuk menyediaka, mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lain yang terkait dari para tamu yang tinggal di hotel. Departement F & B service memiliki tugas dan fungsi melayani pemesanan makanan dan minuman oleh tamu dan langsung mengantarkannya kepada tamu.
Dalam mengerjakan fungsi dan tugas tersebut tidak boleh dilakukan secara cuma-cuma namun di perlukan pemahaman dan ketelitian dalam bekerja agar dapat melayani tamu secara professional dan handal serta dapat memberikan rasa nyaman dan kepuasan kepada tamu terhadap pelayanan yang di berikan sehingga tamu dapat merasa puas dan tidak merasa bosanuntuk menginap. Untuk itu di perlukan tenaga kerja yang professional yang sudah handal pada masing-masing bidang. Untuk memprofesionalkan seorang tenaga kerja di perlukan pendidikan khusus dan pelatihan khusus. Saat ini pemerintah banyak mendirikan sekolah kejuruan dalam bidang pariwisata seperti SMK. Sekolah menengah kejuruan inilah tempat pertama kali seseorang mendapat pembelajaran dan praktek khusus di bidang pariwisata. Selain mendapat pembelajaran dan praktek di sekolah siswa juga di tuntut untuk terjun langsung praktek kerja pada dunia industry. Praktek kerja industry ini di lakukan untuk memadukan secara sistematik dan sinkron program pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang di peroleh melalui kegiatan praktek langsung di dunia usaha atau dunia industry selain itu melalui kegiatan praktek kerja industry ini siswa mendapat pengetahuan, serta wawasan dan menjadi lebih terampil di bidang pariwisata. Sehingga nantinya mampu bersaing dan mampu menjadi calon tenaga kerja siap latih, handal dan professional.

B.     Tujuan Dilaksanakan Praktik Kerja Industri
·         Tujuan khusus:
-          Untuk mengetahui cara dan langkah-langkah making bed di hotel.
-          Untuk mengetahui teknik membersihkan perlengkapan kamar tamu.
-          Untuk mengetahui prosedur membersihkan kamar tamu.
-          Untuk mengetahui cara dan langkah-langkah open bed/ turn down bed di hotel.
-          Untuk mengetahui alat dan bahan yang di gunakan untuk membersihkan kamar maupun public area di hotel.
-          Untuk mengetahui cara membuat makanan.

·         Tujuan umum:
-          Untuk menarik pelajaran dan penghayatan serta pengalaman belajar selama latihan praktek kerja indutri.
-          Untuk menguasai dan mampu menerapkan berbagai keterampilan praktek.
-          Menambah pengetahuan dan menambah wawasan.
-          Untuk mengenal secara cermat lingkungan fisik administratif dan etos kerja serta hubungan social pada dunia industry.
-           Untuk memperoleh pengetahuan praktis dan professional.

C.     Manfaaat Dilaksanakannya praktek kerja industry
·         Manfaat Khusus:
-          Penulis dapat mengetahui cara dan langkah-langkah making bed di hotel.
-           Penulis dapat mengetahui teknik membersihkan perlengkapan kamar tamu.
-          Penulis dapat mengetahui prosedur membersihkan kamar tamu.
-          Penulis dapat mengetahui cara dan langkah-langkah open bed/ turn down bed di hotel.
-          Penulis dapat mengetahui alat dan bahan pembersih yang digunakan dalam membersihkan kamar maupun public area yang ada di hotel.
-          Penulis dapat mengetahui cara membuat makanan
·         Manfaat umum:
-          Dapat menarik pelajaran dan penghayatan serta pengalaman belajar selama latihan praktek kerja industry.
-          Dapat menguasai dan mampu menerapkan berbagai keterampilan praktek.
-          Dapat menambah pengetahuan dan menambah wawasan.
-          Dapat mengenal secara fisik, administratif dan etos kerja serta hubungan social pada dunia industry.
-          Dapat memperoleh pengetahuan praktis dan kemampuan professional.


BAB II
KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI

A.       KEGIATAN UMUM
1.         Sejarah berdirinya Candi Beach Resort & Spa

Sebelum berdirinya hotel candi beach cottage pada tahun 1987 terjadi pembebasan tanah seluas 90 are. Pada tahun 1988 pembuatan proyek dengan fasilitas-fasilitas umum yang dimiliki antara lain 32 cottage, 2  restaurant, 2 bar ( bougainviliea bar & pool bar), 2 kolam renang termasuk spa.
Dua tahun 1989 barulah candi  beach cottage soft opening. Dengan adanya peningkatan kunjungan wisatawan kedaerah karangasem khususnya candidasa, maka hotel candi beach cottage menambah jumlah kamar dengan membangun building barat dan timur sebanyak 32 kamar pada tahun 1990. Tanggal 31 maret 1991 grand opening dibuka oleh bapak bupati tingkat dua karangasem dengan jumlah kamar keseluruhan 64 kamar.Tanggal 2 desember 1998 memperoleh bintang tiga. Tanggal 22 februari 2000 memperoleh bintang empat yang diresmikan oleh menteri pariwisata seni dan budaya provinsi bali dan pada 1 agustus 2001 menambah areal jogging trek dan satu kolam renang bersama fasilitas SPA lainnya.
Pada tahun 2014  candi beach cottage mengubah nama menjadi Candi Beach Resort & Spa dan membangun villa sebanyak 20 yng masih tahap pembangunan. Hotel candi beach resort & spa memiliki 2 cabang
a.         Legian beach hotel
b.        Maya ubud resort & spa

1.1  Identitas perusahaan
Candi beach resort & spa
Jl. Pantai Mendira, Sengkidu, Karangasem-Bali –Indonesia
Phone  : +62 363 41234
Fax      : +62 363 41111
Bidang usaha: hotel

1.2   Visi & misi perusahaan
Adapun visi dari perusahaan adalah sebagai berikut ;
“Service Training Teamwork”
Service              : memberikan pelayanan kepada semua orang yang ada di hotel
Training           : memberikan pelatihan kepada trainee
Teamwork       : adanya kerja sama para staff dalam bekerja
Adapun misi dari perusahaan adalah :
       Untuk menjadi yang terdepan dalam industri perhotelan di daerah ini dan mampu bersaing local maupun internasional dan mampu memberikan pelayanan dengan standar tertinggi, sehingga tamu-tamu yang menginap merasakan seperti tinggal di rumah mereka sendiri.

1.3   Bangunan fisik
·           32 cottage
·           2 building (masing-masing berisikan 16 kamar)
·           2 restaurant
·           2 bar (pool bar + main bar)
·           2 kolam renang
·           1 lobby
·           1 kantor housekeeping
·           2 kitchen




2.      Struktur organisasi Candi Beach Resort & Spa

3.        Hubungan kerja antara perusahaan dengan perusahaan lain.
Hubungan kerja antar perusahaan memang diperlukan untuk meningkatkan mitra kerja sekaligus untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.
Sama juga seperti yang dilakukan oleh manajemen hotel Candi Beach Resort & Spa. Pihak hotel melakukan hubungan kerja dengan beberapa perusahaan lain seperti Legian beach hotel dan Maya Ubud. Yang bergerak dalam bidang yang sama yaitu akomodasi perhotelan. Selain itu di hotel Candi Beach Resort & Spa melakukan hubungan kerja dengan jasa perlaundryan.
              Kerjasama yang dilakukan oleh hotel Candi Beach Resort & Spa berjalan dengan lancar dan dapat meningkatkan pendapatan perusahaan sekaligus dapat meningkatkan mitra kerja antar perusahaan.


4.      Manajemen pelaksanaan kerja Candi Beach Resort & Spa
4.1    Pengadaan alat dan bahan
     Barang-barang yang di kirim ke hotel oleh supplier akan di tempatkan dan di simpan di bagian receiving di general store. Semua barang-barang keperluan hotel akan ditempatkan disana, kecuali barang-barang yang siap pakai (fresh) setelah tiba di hotel akan langsung di kirim ke bagian F&B Product. Pengiriman barang dan alat oleh supplier kehotel akan didikirim tergantung pada banyaknya barang dan alat yang masih tersedia di hotel dan jumlah tamu yang menginap.

4.2    Penyimpanan alat dan bahan.
      Barang-barang yang sudah tersimpan di General Store akan diambiloleh setiap departement sesuai dengan keperluan dan kebutuhannya. Pengambilan barang di General Store baik oleh petugas restaurant, kitchen, house keeping, front office dilakukan tidak menentu sesuai dengan keperluan department masing-masing. Biasanya setelah barang yang diambil dari General Store tiba di setiap department. Barang-barang tersebut akan di tempatkan di gudang penyimpanan barang dan diletakkan dan disusun rapi sesuaidengan jenisnya. Setiap pengambilan barang di General Store, barang-barang yang diperlukan akan dicatat pada requisition form dan harus disertakan tanda tangan manager ataupun supervisor.

4.3    Pengadaan pekerja dan peningkatan SDM karyawan
      Dalam suatu hotel/perusahaan perlu dilakukan berbagai upaya untuk mendukung pengadaan pekerja dan untuk meningkatkan SDM karyawan. Dimana hal tersebut sangat mempengaruhi pendapatan dan perkembangan suatu hotel/perusahaan.
      
       Di hotel Candi Beach Resort & Spa telah dilakukan beberapa upaya guna meningkatkan SDM karyawan, diantaranya kursus dan praktek. Adapun kursus dan praktek yang telah dilakukan adalah kursus dan praktek bahasa inggris, bahasa jepang, dan bahasa jerman. Pada acara-acara tertentu, management hotel juga melakukan tirta yatra bersama. Hal-hal ini dilakukan untuk mendukung peningkatan SDM karyawan dan pengadaan pekerja yang professional.
4.4    Sistem penggajian karyawan.
   Disemua department yang ada di hotel dilakukan system penggajian yang sama dan waktu yang sama. Untuk pegawai staff dan daily worker (DW) pendapatan gaji akan ditransfer ke ATM masing-masing. Dan Casual akan diberikan secara langsung oleh personalia. Casual disebut juga temporary. Casual merupkan pegawai yang hanya dipekerjakan pada saat diperlukan oleh hotel. Sistem penggajian karyawan biasanya dilakukan pada akhir bulan, pada tanggal 25 aatau bisa beberapa hari setelah tanggal tersebut.

B.     Kegiatan Khusus.
1.         kegiatan khusus pada departement kitchen.
1.1         Membuat Omlet
Alat yang digunakan:
-          Tefflon
-          Spatula
-          Bowl/ mangkok
-          Sendok garpu dan sendok biasa
           Bahan yang digunakan:
-          Telor (2 butir)
-          Butter/ minyak
-          Hamb, Cheese, onion, mashrumb,tomato,dan fafrika
            Langkah-langkah membuat omlet
-          Panaskan butter/ minyak dalam tefflon.
-          Sambil menunggu butter/ minyak panas, pecahkan 2 telor.
-          Kemudian tambahkan hamb, cheese,tomato, fafrika, mashrumb, dan onion, lalu kocok telur dengan menggunakan sendok garpu.
-          Jika butter/ Minyak sudah panas masukkan teur yang sudah dikocok, kemudian tunggu sampai bawah telur sedikit matang.
-          Lalu lipat telur dengan menggunakan spatula, kemudian balik tunggu sampai matang.
-          Jika sudah matang tempatkan diatas piring.
1.2         Membuat scramble
Alat yang digunakan:
-          Tefflon
-          Spatula
-          Sendok garpu
-          Bowl/ mangkok

          Bahan yang digunakan
-          Telor
-          Susu cair
-          Minyak/butter

Langkah-langkah membuat
-          Panaskan minyak/butter dalam tefflon.
-          Pecahkan telur dan tambahkan susu cair lalu dikocok
-          Masukkan telor kedalam minyak yg sudah dipanaskan tadi kemudian telor di orak-arik menggunakan spatula.
-          Tunggu sampai matang lalu angkat dan tempatkan pada piring.

1.3         Membuat dinner roll
Alat yang digunakan:
-          Loyang
-          Open
-          Mixer
-          Bowl
-          Kuas untuk mengoles

         Bahan yang digunakan:
-          Tepung cakra                        - butter
-          Yeast (ragi)                          - salt(garam)
-          Susu dancow                        - gula 
-          Wijen                                     - air

       Langkah-langkah membuat:
-          Kocok semua bahan kecuali wijen dengan menggunakan mixer, setelah semua bahan tercampur rata kemudian cetak.
-          Setelah dicetak pada Loyang yang sudah di oles dengan butter.
-          Lalu direast sampai mengembang, jika sudah mengembang di poles kuning telor kemudiandikasi wijen diatasnya setelah itu kemudian di open dan tunggu sampai matang.

1.4         Membuat kulit dadar.
Alat yang digunakan:
-          Bowl
-          Sendok  soup
-          Tefflon dan kuas untuk mengoles
           Bahan yang digunakan
-          Tepung terigu
-          Telor
-          Air
-          Garam
-          Pewarna makanan dan butter
                          Langkah langkah membuat
-          Campur dan kocok semua bahan sampai rata.
-          Kemudian oles sedikit tefflon dengan butter
-          Lalu masukkan adonan tadi kira-kira 1 sendok soup.
-          Kemudian tunggu sampai adonan bawah matang lalu balik.
-          Setelah itu diangkat dan ditaruh diatas piring




1.5         Membuat dadar gulung.
Alat yang digunakan:
-          Sendok
-          Piring
-          Tefflon dan spatula
       
Bahan yang digunakan:
-          Kulit dadar
-          Kelapa parut, gula bali, dan garam
       Langkah-langkah membuat
-          Campur kelapa parut dengan gula bali dan tambah dengan sedikit garam.
-          Setelah tercampur rata kemudian dipanaskan dengan menggunakan tefflon sambil di aduk.
-          Jika sudah matang angkatdan tempatkan pada piring
-          Kemudian ambil kulit dadar lalu isi dengan kelapa parut tadi setelah itu gulung.

1.6         Membuat tomato grilled
Alat yang digunakan:
-          Pisau
-          Talenan dan piring
Bahan yang digunakan:
-          Tomato
-          Garam dan merica
Langkah- langkah membuat:
-          Potong tomat menjadi dua.
-          Kemudian tempatkan di atas piring kemudian beri bumbu garam dan merica di atasnya
-          setelah itu di grill dan tunggu sampai matang.

1.7         Membuat fruit basket
Alat yang digunakan:
-          Tempat fruit basket yang berbentuk jukung
Bahan yang digunakan:
-          Buah lokal.
-          untuk villa buah yang digunakan: buah naga,pisang, terong belanda,belimbing, salak, dan markisa.
-          untuk cottage dan building buah yang digunakan: buah pisang, naga, jeruk, apel dan markisa.
Langkah-langkah membuat
-          Tata semua buah tersebut di atas jukung
-          Jika sudah tertata rapi beri bunga kamboja di atasnya

1.8         Membuat jus
Alat yang digunakan:
-          Sendok garpu
-            Blender
-            Gelas
Bahan yang digunakan:
-            Buah semangka yang sudah dipotong-potong
Langkah –langkah membuat:
-            Tempatkan gelas di bawah pancuran blender.
-            Kemudian masukkan buah semangka satu per satu sampai gelas terisi penuh.

1.9         Menyiapkan roti untuk breakfast
Alat yang digunakan:
-          Keranjang tempat roti.
             Bahan yang digunakan:
-            Beberapa roti seperti: donat, crosant, coklat crosant, fruit dennis.

         Langkah langkah:
-            Tata semua roti tersebut pada keranjang roti sesuai dengan nama roti.

1.10     Clear up
Langkah-langkah clear up:
-       Ambil semua makanan sisa breakfast maupun dinner.
-       Untuk makanan yang masih bisa digunakan rapikan kembali dan tempatkan pada tempat yang telah ditentukan. Namun jika makanan itu sudah tidak bisa digunakan bawa ke steward.
-       Bersihkan dan rapikan kembali tempat-tempat yang digunakan untuk menaruh mkanan tadi.
1.11     Menyiapkan buah untuk dinner
Alat yang digunakan:
-       Pisau
-       Talenan
-       Piring dan cover
Bahan yang digunakan:
-       Buah-buahan seperti: semangka, melon, nanas
Langkah –langkah:
-       Kupas terlebih dahulu buah-buah tersebut.
-       Kemudian dipotong-potong sesuai dengan standart di sedikit di ringgit.
-       Setelah itu tempatkan buah-buah tersebut di atas piring kemudian di cover dan di taruh ditempat pendingin.
1.12     Membuat spring roll
Bahan yang digunakan:
-       Sayur-sayuran yang sudah dipotong-potong seperti: wortel, kol, seledri
-       Mihun.
-       Kulit spring roll
-       Air
          Langkah- langkah membuat:
-       Ambil kulit spring roll kemudian celupkan kedalam air.
-       Setelah itu angkat kemudian isi kulit tersebut dengan sayur-sayuran, dan mihun.
-       Setelah itu gulung dan tempatkan pada piring
1.13     Membuat es buah
Alat yang digunakan:
-       Pisau
-       Talenan
-       Gelas
Bahan yang digunakan:
-       Buah-buahan seperti: semangka, melon, mangga, nangka.
-       Es
-       Gula cair
Langkah-langkah membuat:
-       Potong semua buah dengan berbentuk dadu/ kotak.
-       Setelah itu masukkan buah tersebut kedalam gelas.
-       Kemudian masukkan es dan gula cair lalu di aduk.
1.14     Membuat es campur
Alat yang digunakan:
-       Gelas
Bahan yang digunkan:
-       Kolang-kaling
-       Bijik
-       Bulung.
-       Santan
-       Gula cair
-       es
Langkah-langkah membuat:
-       Masukkan kolang-kaling, bijik, dan bulung kedalam buah
-       Kemudian beri es, santan dan gula cair
1.15     Membuat pisang rai.
Alat yang digunakan:
-       Mangkok.
-       Sendok.
-       Panci.
-       penyaringan
         Bahan yang digunakan:
-       Tepung terigu
-       Pisang
-       Air
-       Gula pasir dan garam
          Langkah-langkah membuat
-       Campur tepung terigu, dengan gula dan garam tambah sedikit air sampai adonan kental.
-       Panaskan air dalam panci.
-       Potong pisang kemudian masukkan kedalam adonan.
-       Jika air sudah mendidih masukkan pisang satu per satu, lalu tunggu sampai pisang mengambang kemudian sedikit di aduk
-       Setelah itu angkat pisang dantiriskan di atas penyaringan.
1.16     Membuat candi night
Alat yang digunakan:
-       Piring
-       Mangkok kecil yang berbentuk bulat.
Bahan yang digunakan:
-       Telur rebus                     - ayam goreng
-       Bergedel                         - nasi kuning
-       Udang  goreng                - krupuk                      
-       Saur kacang                    -
-       uraban
      Langkah-langkah membuat:
-       cetak nasi kuning dengan menggunakan mangkok.
-       Tempatkan nasi tersebut pada piring,
-       kemudian masukkan telur rebus, bergedel, udang goring, saur kacang, uraban, ayam goring, krupuk dengan bentuk melingkari nasi
-       terakhir taburkan bawang goring di atas nasi.
1.17     Membuat cumi bakar
Alat yang digunakan:
-       Piring
-       Pisau
-       Mangkok
Bahan yang di guanakan:
-       Cumi
-       Nasi
-       Vegetable    
-       Garam
-       Paper
Langkah-langkah :
-       Cuci cumi-cumi terlebih dahulu.
-       Kemudian isi cumi-cumi dengan vegetable, garam dan paper
-       Setelah itu panggang cumi-cumi sampai matang 
-       Cetak nasi dengan menggunakan mangkok.
-       Kemudian angkat cumi-cumi dan potong menjadi dua.
-       Setelah itu tempatkan pada piring, dan masukkan vegetable. 
1.18     Melayani tamu dinner
Langkah-langkah melayani tamu dinner
-       Ucapkan salam kepada tamu
-       Tawarkan beberapa makanan pada tamu sambil member tahu nama makanan tersebut
-       Jika tamu menginginkan makanan tersebut ambilkan dan berikan pada tamu.



1.19     Membuat sate udang
Alat yang digunakan:
-       Grill
-       Tusuk sate
-       Bumbu yang sudah di siapkan
         Bahan yang digunakan:
-       udang 
langkah-langkah:
-       bersihkan udang dengan mengupas kulitnya.
-       Setelah itu cuci udang tersebut, lalu di tusuk-tusuk
-       Kemudian di panggang dan tunggu sampai matang
-       Setelah itu tempatkan pada piring dan beri bumbu di atasnya

1.20     Membersihkan peralatan kitchen
Alat yang digunakan:
-       Scote brite

          Bahan yang digunakan:
-       Sunlight
Langkah- langkah membersihkan:
-       Kumpulkan semua peralatan yang habis digunakan untuk memasak
-       Setelah itu cuci dan bilas.
-       Kemudian tempatkan kembali dengan rapi ke tempat yang sudah ditentukan
2.        Department House keeping.
2.1     Membersihkan Corridor dan balcony
Alat yang digunakan:
-          Dry cloth.
-          Broom (sapu).
-          Dust fan (serok).
-          Mop (wet mop)
Bahan yang digunakan:
-          Furniture polish/ quick fill
-          Marble safe cleaner.
Langkah-langkah membersihkan:
a.       Sweeping (menyapu)
-          Sapu semua area corridor dan balcony.
b.      Dusting.
-          Setelah menyapu lap seluruh kayu yang menempel di tembok samping corridor besrta tangga dan meja kursi yang ada di balcony maupun yang ada di corridor.
c.       Mopping.
-          Kemudian setelah menyapu mop seluruh permukaan lantai dan tangga yang ada di corridor serta seluruh balcony.
2.2     Membersihkan kamar tamu
  Alat yang digunakan:
-          Broom
-          Dry cloth
-          Glass wiper
-          Sponge
-          Toilet bowl brush
-          Dust pan
-          Dry mop dan wet mop
-          Linen
Jenis-jenis linen yang digunakan:
-          Sheet (single/ double)
-          Pillow cases
-          Face towel
-          Hand towel
-          Bath towel dan bath mat
Bahan yang digunakan
-          MPC (Multi Purpose Cleaner), Lemon eze, Glass cleaner, furniture polish, marble safe cleaner, air freshner
-          Guest supplies
-          Coffee 4, sugar 4, tea 2, dan creamer 2
-          _Water 2
-          _ laundry bag, slipper, umbrella, memo pad, pen
-          _soap 2, shampoo 1, conditioner 1,shower gel 1, shower cap 2, cotton bat 1,emery board 2, sanitary bag 2.

Langkah-langkah membersihkan
-          Bawa semua alat dan bahan pembersih serta linen yang sesuai dengan kamar yang akan dibersihkan.
-          Ketuk pintu 3x ucapkan salam dan identitas diri, bila tidak ada jawaban buka kunci pintu dengan key card dan buka pintu secara pelan-pelan untuk memastikan apa memang tidak ada tamu, namun bila ada jawaban katakan maksud dengan sopan.
-          Hidupkan semua lampu dan buka tirai jendela.
-          Mulailah dengan membersihkan kamar mandi, mulai dari toilet bowl, bath tub, dan washbasin.
-          Jika permukaan toilet bowl berkerak gosok dengan lemon eze menggunakan linen kotor, jika tidak cukup gunakan marble safe cleaner.
-          Kemudian cuci gelas-gelas kotor, cup, asbak, pada washbasin dengan menggunakan bahan pembersih multi purpose cleaner.
-          Kumpulkan semua linen kotor yang ada di kamar mandi, dilipat dan dibawa ke trolley cart, sambil mengambil linen yang bersih yang diperlukan untuk di kamar mandi serta melengkapi guest suppliesnya guest supplies yang digunakan dikamar mandi seperti shower cap, emery board, sanitary bag, cotton bat, soap, conditioner, shower gel shampoo. linen yang diperlukan di kamar mandi face towel, hand towel, bath towel, dan bath mat dengan di set up masing-masing towel berjumlah 2 kecuali bath mat hanya di set up 1.
-          Setelah selesai membersihkan dan melengkapi di kamar mandi, lanjutkan dengan merapikan tempat tidur (making bed).

Langkah-langkah making bed:
1.      Lakukan stripping bed(menarik sheet satu per satu).
2.      Angkat semua sheet, jika kamar yang dibersihkan kamar dengan status check out, sheet yang diganti sheet pertama dan ke dua(middle sheet), sedangkan top sheet dipakai lgi jika tidak kotor, dan semua pillow cases diganti, jika kamar yang dibersihkan dengan status occupaied, sheet yang diganti hanya sheet pertama sedangkan middle sheet dan top sheet masihdigunakan apbila tidak kotor (middle sheet menjadi sheet pertama dan top sheet menjadi middle sheet), dan pillow cases hanya diganti 2 dari 4.
3.      Bawa sheet yang kotor ke trolley dan ambil sheet yang sesuai.
4.      Setelah itu lakukan teknik making bed yaitu menebar sheet satu per satu, apabila bed yang di gunakan bed double sheet pertama di tebar dengan sheet memanjang sedangkan middle dan top sheet ditebar dengan sheet melebar, jika bed yang digunakan single semua sheet dipasang memanjang.
-          Setelah making bed selesai, lanjut dengan dusting semua debu pada seluruh bagian kamar, gunakan bahan pembersih furniture polish, sambil mengecek guest supplies, seperti memopad+pen,sandal, payung, hanger, laundry bag, laundry list, mineral water, minibar jika tamu mengkomsumsi minuman yang ada di minibar, dan coffe and tea maker facility.
-          Setelah selesai mengecek kemudian lengkapi guest suppliesnya, lalu menyapu lantai dan sambil mengangkat sampah-sampah yang ada di kamar dan di kamar mandi di bawa ke garbage humper pada trolley cart.
-          Setelah menyapu lalu squish kaca-kaca yang ada di kamar tamu dengan menggunakan glass wiper dan bahan pembersih glass cleaner.
-          Kemudian mop lantai kamar mandi dengan wet mop yang telah diberibahan pembersih air freshner, dan mop lantai kamar tamu dengan dry mop.
-          Setelah selesai mopping terakhir periksa kembali untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan, kemudian jika sudah beres lampu-lampu dimatikan, AC dihidupkan jika kamar tersebut dengan status EA (Expected Arrival) dan occupaied. Tutup kembali pintu kamar dan jendela dan jangan lupa membawa semua peralatan dan bahan pembersih.
2.3     Membersihkan Lobby, Kantin, office FO dan HK.
  Alat yang digunakan:
-          Sapu, dust pan, dry cloth, Wet mop, lobby duster.
                 Bahan yang digunakan:
-          Furniture polish
-          Marble safe cleaner.
                 Langkah-langkah membersihkan
-          Menyapu di area yang telah ditentukan, mulai dari sudut terjauh dan berakhir di pintu masuk/keluar, kemudian dusting seluruh area yang terbuat dari kayu dengan menggunakan dry cloth yang disemproti dengan furniture polish lalu mop lantai dengan menggunakan wet mop yang sudah diberi marble safe cleaner.
-          Setelah di mop dengan menggunakan wet mop, kemudian mop kembali dengan menggunakan lobby duster untuk mengeringkan permukaan lantai.
2.4          Membersihkan restaurant
Alat yang digunakan:
- broom(sapu)
- dust pan
- stik mop
- wet mop
Bahan yang digunakan:
3.      Marble safe cleaner
4.      Air.
             Langkah-langkah membersihkan:
5.      Sapu seluruh area restaurant, tempat kasir,lantai, dan toilet restaurant, dari sudut yang paling jauh dan mengikuti arah angin.
6.      Setelah menyapu mop semua area restaurant, tempat kasir, beserta toiletnya dengan mengunakan wet mop. Mengepel dengan bentuk S, supaya lebih mudah dan hasilnya maksimal.
2.5     Membersihkan spa
Alat yang digunakan:
-          Sapu
-          Lap
-          Wet mop.
Bahan  yang digunakan:
-          Furniture polish.
-          Marble safe cleaner
Langkah-langkah membersihkan:
-          Sapu semua area spa, setelah selesai menyapu lap semua peralatan spa yang terbuat dari kayu dengan menggunakan furniture polish.
-          Setelah selesai mengelap mop lantai spa dengan menggunakan mop basah yang sudah diberi bahan pembersih marble safe cleaner.
2.6     Membersihkan area kolam.
Langkah-langkah:
-          Sapu semua sampah yang ada area kolam.
2.7     Set up linen pada trolley.
Langkah-langkah set up linen:
Tata semua linen pada trolley sesuai dengan jenis linennya.
2.8     Melayani permintaan tamu towel
Langkah-langkah :
-          Jika tamu meminta towel langsung ke petugas pool counter maka minta tamu untuk menulis nama tamu, no kamar, jumlah towel, dan sign (tanda tangan).

3        Open bed/ turn down bed
Bahan yang digunakan:
-          Plastic sampah
Langkah- langkah open bed:
-          Ketuk pintu 3x, ucapkan salam dan identitas diri jika tidak ada jawaban buka pintu secara pelan-pelan sambil ucapkan kata permisi untuk memastikan tidak ada tamu, namun jika ada jawaban katakana maksud kedatangan dengan sopan.
-          Buka sabuk matras kemudian dilipat ujungnya, lalu dilipat kembali dengan membentuk panah.
-          Setelah itu apabila ada sampah buang ke plastic sampah



BAB III
PENUTUP

A.             Kesimpulan
          Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa dalam proses membersihkan kamar tamu diperlukan adanya ketelitian karena kebersihan kamar hal pertama yang mempengaruhi kepuasan tamu dalam menginap. Untuk itu kita harus mengetahui alat dan bahan yang digunakan selain itu kita juga harus mengetahui langkah-langkah dalam membersihkannya untuk menghasilkan hasil yang optimal serta dapat memberikan kepuasan kepada tamu.
.

B.        Saran-saran
1.      Saran untuk sekolah.
a.      Dapat melahirkan calon tenaga kerja yang professional dan handal serta mampu bersaing dalam dunia industry.
b.      Tetap mempertahankan kinerja kerjasama dengan tempat-tempat industry
2.      Saran untuk perusahaan
a.      Perlunya peningkatan Kerjasama yang baik antara sesama karyawan hotel untuk tercapainya hasil kerja yang maksimal.



                             


LAMPIRAN GAMBAR
1.1.        LOBBY





1.7.        INFINITY POOL

1.8.        MAIN POOL




2.2.        OCEAN POOL VILLA









DAFTAR PUSTAKA
WWW. Candi Beach Bali.com
Yuniantari,Ni kadek.2012. Akomodasi perhotelan. XI.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar